Ini Dia Kecamatan Kiaracondong, Kecamatan Dengan Jumlah Penduduk Terbanyak Ke-3 di Kota Bandung

Sumber: google.com

Menurut data bandung.go.id yang dimuktahirkan pada 8 September 2020, jumlah penduduk Kecamatan Kiaracondong mencapai 130.347. Namun data tersebut tidak memerinci secara detil jumlah penduduk per kelurahan. Hal itu membawa Kecamatan Kiaracondong menjadi kecamatan dengan jumlah penduduk terbanyak ketiga di Kota bandung


Kecamatan Kiaracondong terdiri enam kelurahan yaitu Kebon Kangkung, Sukapura, Kebon Jayanti, Babakan Sari, Babakan Surabaya, dan Cicaheum. Sukapura adalah kelurahan yang terluas (280,70 Km persegi) atau mencakup 45,79% dan yang terkecil Kebon Jayanti (27,50).

Merujuk dokumen Kecamatan Kiaracondong dalam Angka yang diterbitkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bandung, Kiaracondong, yang wilayahnya berada di ketinggian 488-685 meter di atas permukaan air laut, terdiri dari 82 Rukun Warga (RW) dan 592 Rukun Tetangga (RT). Kelurahan Babakan Sari menjadi penyumbang terbanyak dengan masing-masing 18 RW dan 146 RT.

Stasiun Kiaracondong

Sumber: google.com

Salah satu ikon dari Kecamatan Kiaracondong adalah Stasiun Kiaracondong yang kerap disebut Stasiun Kircon.

Stasiun kereta api kelas besar tipe C ini khusus dipergunakan untuk kepergian dan kedatangan kereta api kelas ekonomi jarak jauh dan menengah. Stasiun Kiaracondong adalah titik ujung timur jalur rel ganda kawasan Bandung Raya yang membentang dari Padalarang hingga Cicalengka.

Stasiun Kiaracondong merupakan salah satu heritage Kota Bandung. Menurut dokumen KAI heritage, tidak diketahui secara pasti kapan stasiun yang berada di ketinggian +681 m ini dibangun.

Stasiun Kiaracondong pada awalnya merupakan sebuah stooplats atau halte kecil. Pada tahun 1898 sudah terdapat jadwal perjalanan kereta api yang singgah di Stooplats Kiaracondong. 


Sumber: Ayobandung.com

Comments

Popular posts from this blog

Akhir Dari Operasi Pesawat "Woyla", Akankah Badan Intelijen RI Berhasil?

Terinspirasi Dari Novel Petualangan Hingga Buku Biografi, Teddy Rusdy Pun Mewujudkan Mimpinya

Aspadin Menyesalkan Adanya Berita Hoax Tentang Bahaya Konsumsi Air Galon Guna Ulang